21 Agu

Cara Melakukan Meditasi Bisa dengan Posisi Apapun, Ini Penjelasannya!

Cara-melakukan-meditasi

Pada hakikatnya meditasi adalah proses melepaskan pikiran rutinitas yang membebani, menekan, dan memberatkan, menuju rileksasi yang bermanfaat.

Dari situ bisa mendapatkan kesimpulan bahwa meditasi tidak selalu dilakukan dengan bersila atau di tempat-tempat khusus, seperti di taman, di alam, atau di tempat yang ditentukan. Terpenting dalam melakukan meditasi yaitu pikiran bisa menjadi lebih rileks dan nyaman.

Seringkali orang salah menafsirkan, bahwa meditasi adalah proses yang sulit dilakukan. Atau bahkan ada yang salah memahami bahwa meditasi adalah bentuk ritual. Sebenarnya melakukan meditasi tidaklah sesulit yang ada di benak Anda. Begitu pula, meditasi tidak ada kaitannya dengan tirakat atau ritual tertentu.

Memang orang-orang pada zaman dahulu, melakukan meditasi dengan dupa atau kemenyan itulah sebabnya zaman sekarang meditasi dianggap mistik.Padahal tidak demikian, orang zaman dahulu melakukan meditasi dengan kemenyan, dupa, atau wewangian tujuannya agar mereka mudah memasuki kondisi meditatif (pikiran rileks dalam meditasi).

Cara melakukan meditasi bisa dilakukan dalam posisi apapun. Bahkan di India, meditasi bukan hanya dilakukan dengan dupa tapi dengan gerakan-gerakan tertentu selama beberapa waktu. Meditasi dengan gerakan monoton itu disebut juga sebagai meditasi yoga.

Bukan hanya itu, di Timur Tengah, para sufi melakukan meditasi denga gerakan berputar-putar layaknya sedang menari.

Meski bisa dilakukan dengan cara atau posisi apapun, pada intinya meditasi proses memberdayakan pikiran menuju rileksasi atau juga untuk pemusatan pikiran. Karena dasar inilah, Anda pun bisa melakukan meditasi dalam posisi apapun, entah itu duduk, sembari berbaring, bersandar, atau posisi lainnya.

Terpenting, kondisi tersebut memungkinkan Anda untuk rileks. Sehingga hasil dari meditasi lebih maksimal, sebagaimana tujuan Anda melakukan meditasi.