21 Agu

Inilah Penjelasan tentang Pengaruh Cakra pada Diri Anda

pengaruh-cakra-untuk-kesehatan

Selain terdiri atas tubuh fisik, tubuh manusia juga tersusun atas materi non fisik. Tubuh fisik adalah segala hal yang berkaitan dengan organ fisik atau organ yang bisa dirasakan dengan panca indra keberadaannya. Sedangkan organ nonfisik, merupakan bagian dari diri manusia yang tidak bisa dirasakan oleh panca indra. Organ nonfisik ini berupa titik energi yang menjadi penopang kehidupan manusia. Iitulah kenapa ada pula yang menyebut organ nonfisik ini sebagai ruh atau jiwa.

Sebenarnya ada lebih dari 300 titik energi di dalam tubuh eterik (tubuh nonfisik) manusia. Namun yang paling menonjol dan memiliki peran paling besar, tercatat hanya ada 7 titik energi atau disebut sebagai cakra mayor. Ketujuh titik energi ini memiliki peran dan pengaruh yang berbeda-beda, baik dalam hal kesehatan psikis, kesehatan fisik, hingga kesejahteraan seseorang.

Titik energi ini disebut juga sebagai cakra, yaitu pusat energi yang berputardi area tertentu di dalam tubuh. Putaran energi cakra inilah yang memunculkan aliran energi di dalam tubuh manusia. Ketujuh titik cakra tersebut yaitu sebagai berikut:

  1. Cakra Dasar

Cakra dasar memiliki aliran energi berwarna merah. Cakra dasar terletak di bagian tulang ekor. Energi yang berasal dari cakra dasar memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap kesehatan yang berkaitan dengan tulang, kulit, usus, dan organ tubuh lainnya yang berkaitan dengan sistem pencernaan. Selain itu pengaruh cakra dasar cukup besar terhadap keseimbangan emosional seseorang.

 

  1. Cakra Seks

Cakra seks terletak di atas cakra dasar, kurang lebih tiga jari di bawah pusar. Cakra seks mengatur kinerja organ reproduksi di dalam tubuh. Baik itu pada pria maupun pada wanita. Kinerja cakra seks yang kurang, mengakibatkan gangguan organ reproduksi, semisal ejakulasi, impoensi, masalah kesuburan, dan berbagai problem lain yang berkaitan dengan reproduksi. Selain itu, cakra seks memiliki peran yang penting dalam hal melati kreativitas. Aliran energi yang terpancar dari cakra seks berwarna orange.

 

 

  1. Cakra Pusar (Solar Pleksus)

Cakra pusar atau solar pleksus terletak di atas cakra seks, atau di bawah dada, di tengah-tengah rongga perut bagian atas. Cakra solar pleksus berperan besar terhadap kesehatan organ-organ di area perut. Terutama bagian hati, pankreas, dan empedu.

 

Cakra solar pleksus secara aktif mempengaruhi motivasi dan hasrat seseorang terhadap suatu tujuan. Selain itu, solar pleksus juga berpengarih untuk mengolah emosi-emosi di dalam diri seseorang, baik emosi positif maupun emosi negatif. Energi yang mengalir dari titik energi cakra solar pleksus berwarna kuning.

 

  1. Cakra Jantung

Cakra jantung merupakan cakra yang berada di tengah-tengah enam cakra mayor lainnya. Terletak di tengah-tengah dada, sebelah kanan jantung. Cakra jantung secara aktif mengatur sistem sirkulasi darah, pernafasan (paru-paru), dan juga sistem kekebalan tubuh. Cakra jantung juga berperan aktif menjadikan seseorang sosok yang kharismatik, penuh daya pesona, dan memikat. Energi yang dialirkan cakara jantung cenderung berwarna hijau cerah.

 

 

  1. Cakra Tenggorokan

Cakra tenggorokan merupakan cakra pertama yang berkaitan dengan sisi spiritualitas manusia. Cakra tenggorokan terleak di tengah-tengah leher. Cakra ini berkatan langsung dengan komunikasi dan cara seseorang berekspresi melalui lisan. Ika ditinjau dari kesehatan fisik, cakra tenggorokan melingkupi kesehatan organ komunikasi lisan. Seperti lidah, pita suara, tenggorokan, dan bagian lainnya. Cakra tenggorokan juga berperan aktif pada orang yang memiliki bakat khusus di bidang komunikasi lisan, tarik suara, dan bakat lain yang berkaitan dengan kemampuan lisan. Energi yang dipancarkan cakra tenggorokan berwarna biru muda.

 

 

  1. Cakra Ajna

Cakra ajna berkaitan langsung dengan kemampuan mata ketiga (indra keenam). Terletak di tengah-tengah dahi. Cakra ini berkaitan langsung dengan kepekaan intuisi seseorang. Aliran cakra ajna yang baik, kemampuan intuisi seseorang pun cenderung lebih baik. Dalam hal kesehatan fisik, cakra ajna berkaitan langsung dengan organ mata, syaraf otak, telinga, dan hidung. Energi yangdipancarkan cakra ajna berwarna nila.

 

 

  1. Cakra Mahkota

Cakra mahkota merupakan cakra tertinggi di antara yang lain, selain karena letaknya di atas ubun-ubun, cakra ini juga berkaitan langsung dnegan sisi spiritualitas manusia. Hubungan manusia dengan sang Maha Pencipta. Bagian forgan fisikyang terpengaru secara langsung keberadaan cara mahkota yaitu otak bagian atas. Energi yang terpancar dari cara ini berwarna ungu.