10 Okt

Untuk Kehidupan Sehari-Hari Anda, Seperti Ini Manfaat Meditasi

Mudah dalam menghadapi suatu keadaan dipengaruhi oleh keadaan dalam diri Anda. Seburuk apapun keadaan, jika Anda memiliki jiwa yang kuat maka masalah tersebut tidak akan membuatmu stres, depresi dan putus asa.

Namun, tidak semua orang mampu memiliki jiwa dan mental yang kuat. Akibatnya ada yang masih mengalami stress berlebih, sehingga dapat mengganggu kesehatan fisik.

Untuk bisa mengurangi rasa stress, depresi dan gangguan psikis, Anda bisa melakukan kegiatan meditasi. Meditasi merupakan latihan untuk menciptakan ketenangan pikiran dan tubuh yang rileks. Anda bisa melakukannya sendiri tanpa perlu alat khusus. Kunci dari meditasi adalah suasana yang tenang. Jika tak bisa melakukannya sendiri, Anda bisa pergi ke psikiater yang biasanya juga menggunakan meditasi sebagai cara penyembuhan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat meditasi bagi kesehatan mental dan fisik. Sebenarnya jika mental kita sehat maka fisik akan mengikuti. Tapi bukan berarti orang yang sakit fisik juga pasti sakit mental ya.

1. Mengurangi Stres

Stres bisa saja terjadi ketika Anda mendapat banyak tekanan. Terkadang tanpa tekanan pun seseorang bisa mengalami stres karena terlalu banyak memikirkan suatu hal. Ketika stres, kadar hormon kortisol di dalam tubuh akan meningkat dan tubuh akan melepaskan bahan kimia peradangan.

Kadar hormon yang tidak stabil inilah yang akhirnya membuat seseorang yang mengalami stres sulit tidur, meningkatnya tekanan darah, bahkan bisa sampai depresi. Akibatnya, Anda bisa lebih mudah terserang penyakit hanya gara-gara stres. Untuk itu lakukan meditasi ketika pikiran benar-benar merasakan stres.

2. Melawan Depresi

Stres dalam jangka panjang tanpa melakukan perawatan dapat menimbulkan depresi. Ciri depresi adalah seseorang yang mengalaminya sulit untuk mengendalikan diri dan mudah merasa cemas terhadap hal yang membuatnya takut dan tertekan.

Meditasi mampu memberikan ketenangan dan kenyamanan sehingga dapat digunakan untuk melawan depresi. Bahkan dalam beberapa kasus, depresi dapat berkurang hingga 40 persen dengan melakukan meditasi selama 8 minggu atau 2 bulan.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Perasaan stres, depresi dan cemas berlebih dapat membuat seseorang sulit tidur. Mental yang sedang dalam keadaan buruk ditambah dengan tubuh yang kurang fit akan memperparah keadaan. Apalagi ketika Anda tidak mengontrol pola makan karena mengalami stres dan depresi.

Meskipun sulit tidur karena stres dapat diatasi dengan obat tidur, penggunaan pil yang terlalu sering akan menyebabkan efek samping yang justru memperparah kesehatan. Untuk itulah meditasi dianggap sebagai cara paling aman untuk mengatasi insomnia yang dikarenakan stres serta depresi.

4. Melawan Kecanduan

Ketika Anda sudah memiliki pola hidup tidak sehat, misalnya merokok dan minum minuman beralkohol, pasti rasa candu akan menguasai tubuh. Jika tidak mendapatkannya biasanya tubuh akan merasa lemas dan sulit untuk menjalani hidup.

Dalam sebuah kasus, beberapa kelompok yang kecanduan alkohol ketika rutin melakukan meditasi selama beberapa minggu dapat mengontrol keinginan mereka untuk minum minuman alkohol. Ini menunjukkan bahwa meditasi dapat mengalihkan perhatian pecandu terhadap hal yang mereka sukai.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi dapat membuat jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah. Akibatnyam fungsi jantung semakin memburuk dan beresiko terkena penyakit jantung seperti penyempitan arteri, serangan jantung hingga stroke.

Dengan melakukan meditasi secara rutin, dapat mengurangi ketegangan pada jantung sehingga tekanan darah menurun. Ketika tubuh kembali rileks, sinyal saraf yang mengoordinasikan fungsi jantung dan ketegangan pada pembuluh darah akan lebih terkendali.

Telp. SMS / WhatsApp : KLIK DISINI !